Desain Pondasi PJU Standar

Design Pondasi PJU StandarDesain Pondasi PJU Standar

Design pondasi PJU tentunya harus diperhatikan dalam setiap pemasangan tiang penerangan jalan umum. Pondasi adalah dasar dari tiang tersebut. Jika pondasinya kuat, maka tiang juga akan kuat. Jika pondasi didesign dengan tidak baik, maka tiangpun mungkin menjadi mudah jatuh. Tentu saja hal tersebut sangat berbahaya mengingat kebanyakan PJU berada di jalan raya dan tempat-tempat yang ramai orang.

Untuk menciptakan pondasi yang kuat, bahan yang digunakan juga harus kuat. Seperti contohnya baja dan beton. Berikut contoh dari design pondasi untuk tiang PJU. Biasanya pondasi berbentuk prisma segi empat dengan tinggi 2000 mm dan lebar 600 mm. Prisma tersebut terbuat dari beton dengan bagian tengah dilubangi selebar 400 mm. Jadi, tebal beton 100 mm di setiap sisi. Di dalam beton tersebut terdapat tulangan yang dibuat seperti rangkaian paralel masing-masing selebar 300 mm. Selain tulangan juga ada kabel-kabel, alat pengaku juga elektroda yang nantinya akan ditancapkan ke bumi.

Pada bagian permukaannya, ada pelat dasar dengan ukuran 400×400 mm yang nantinya akan di baut angker bersamaan dengan tiang, dan pondasi. Dalam design pondasi tersebut juga harus ada celah untuk jalan masuk dan jalan keluar kabel. Masing-masing celah tersebut disisipi PVC untuk melindungi kabel. Itulah salah satu contoh design pondasi PJU yang standar. Perlu diperhatikan, kecermatan dalam pembuatan pondasi sangat diperlukan karena pondasi adalah dasar terpenting.

Informasi produk lampu dan harga bisa menghubungi kami.

KONTAK KAMI :
PT. Greencity Teknologi Indonesia
Jl. Gubeng Kertajaya VII Raya No. 31 Surabaya
Telp. (031) 5055500
Fax. (031) 5055588
HP. 081803215590 (WA)
Email : greenc1ty@yahoo.com